Cita Cita Mulia Tentang Pendidikan Al Quran

Islam menjadi agama dengan perkembangan tercepat di dunia. Tercatat pada tahun 2015 jumlah ummat islam di seluruh dunia kurang lebih 1.8 miliar penganut, jumlah yang sangat besar. Di Indonesia sendiri penduduk dengan penganut agama islam kisaran 203 juta jiwa atau 80% dari jumlah keseluruhan warga negaranya

Akan tetapi, dibalik jumlah yang sangat luar biasa banyaknya ada fakta lain yang begitu mengejutkan, Menurut Data informasi yang kami dapatkatkan dari Republika.com bahwa 50% ummat islam di Indonesia belum bisa membaca Al quran dan dan hanya 0.5% bisa membaca Al Quran dengan baik dan benar.

      Fakta diatas sangatlah patut untuk kita renungi bersama, jumlah yang sangat banyak tidak diimbangi dengan jumlah penganut yang memahami Al Quran sebagai kita sucinya, Padahal Al quran adalah petunjuk bagi seseorang dalam menjalani hidupnya.  Allah berfirman :

ذَٰلِكَ ٱلْكِتَٰبُ لَا رَيْبَ ۛ فِيهِ ۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِينَ

Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa ( QS. Al Baqarah : 2).

Ada banyak faktor kenapa hal diatas bisa terjadi :

  1. Kurangnya kesadaran ummat islam untuk mempelajari agamanya
  2. Tidak adanya waktu untuk belajar karena terlalu sibuk untuk bekerja
  3. Malu untuk belajar karena faktor usia yang sudah tua
  4. Terkendala jarak dan biaya
  5. Tidak tersedia system belajar yang menarik dan banyak penyebab lainya

Melihat fakta fakta diatas QIBLA.ID berkomitmen untuk mengurangi presentasi buta huruf terhadap Al Quran di Indonesia dengan konsep Pesantren Virtual dan program program online yang tersystem dan menarik. Harapannya tidak ada lagi alasan bagi ummat islam untuk tidak belajar memperdalam agamanya terutama belajar membaca Al Quran dengan baik dan benar. Program tersebut diantaranya :

  1. Belajar Al Quran Dengan Metode At Tibyan

Program ini diperuntukkan bagi ummat muslim yang ingin belajar Al Quran dari materi dasar. Dengan masa belajar online 1 tahun target yang akan dicapai :

  • Para peserta bisa membaca al quran dengan tartil
  • Memahami kaidah ilmu tajwid ( Tuhfatul Atfal )
  • Mampu mengucapkan makhorijul khuruf dengan benar
  1. Tahsin Al Quran

Program ini adalah lanjutan dari program pertama. Para peserta selain belajar al quran dari dasar akan mendapatkan materi tahsin juz 30 dengan metode Talaqqy

      3. Tahfidzul Quran

Program ini diperuntukkan bagi ummat islam yang sudah lancar membaca Al quran dan ingin memperdalam dengan menghafalnya.